Kamis, 24 Maret 2011

KEPRIBADIAN SEHAT, PSIKOANALISA, BEHAVIORISTIK, HUMANISTIK

Kreativitas adalah anak tiri psikologi" (Mei, 1975). Pernyataan ini menandai hubungan historis yang sulit ada antara individu berbakat dan masyarakat dan, antara ilmu pengetahuan dan penelitian kreativitas. Seperti pernyataan Rollo May menunjukkan, kecanggungan hubungan jelas dalam psikologi yang mempelajari produk kreatif dan, individu-individu yang mewujudkan proses, tanpa definitif menggenggam kreativitas itu sendiri. Sebuah kecanggungan serupa tampaknya ada di bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari organisme hidup tanpa menangkap kehidupan itu sendiri. Demikian juga, proses kreatif dapat diamati dan dijelaskan tapi tetap tidak jelas sumbernya. Psikologi banyak orientasi filosofis masing-masing telah mencoba hubungan yang bermakna dengan "anak tiri" dengan berbagai tingkat keberhasilan. Tulisan ini kronik akan beberapa dari mereka upaya dalam tiga cabang psikologi masing-masing: psikoanalisis, behaviorisme, dan psikologi humanistik. Masing-masing cabang memiliki pandangan yang tajam yang berbeda pada sifat manusia yang tercermin dalam setiap penjelasan psikologi tentang kreativitas, sumber dan tujuan.

Psikoanalitik

Psikoanalisis mengusulkan bahwa kreativitas sumur naik dari drive pingsan. Ada perbedaan pendapat tentang bagaimana hal ini terjadi, tetapi psikoanalitik sekolah berbagai pemikiran umumnya menyarankan kreativitas yang merupakan produk sampingan dari proses primer Freud mengambil pandangan patologis dari proses kreatif. This seems characteristic of his general view of man. Hal ini tampaknya karakteristik pandangan umum nya manusia. Freud merasa hanya orang bahagia berpengalaman lamunan dan fantasi, ini merupakan bagian integral dari proses kreatif. Freud mengatakan, "Tidak puas keinginan adalah kekuatan pendorong di belakang fantasi; setiap fantasi terpisah berisi pemenuhan keinginan, dan meningkatkan dan kenyataan tidak memuaskan" (Freud, 1908, dikutip oleh Arieti, 1976). Untuk Freud ada kesamaan besar antara neurosis dan kreativitas. Dia merasa baik berasal dari konflik yang berasal dari keinginan drive pemenuhan dan biologis. Kreativitas adalah sublimasi dari drive seksual dalam penggambaran psikoanalitik.

Menurut Freud, rasa ingin tahu orang kreatif tentang masalah seksual dimulai pada usia tiga tahun dan memiliki tiga gerai di kemudian hari:

Pertama adalah represi, yang cukup energik Hasil kedua terjadi ketika penyelidikan seksual tidak benar-benar tertekan namun ditanggulangi dengan proses berpikir atau dengan pertahanan kompulsif.. Pada hasil ketiga yang adalah tipe yang 'paling langka dan sempurna, 'rasa ingin tahu seksual disublimasikan ke dalam sikap ingin tahu yang mengarah ke kreativitas (Freud, 1908, dikutip oleh Arieti, 1976).

teoretisi lain di sekolah Freudian telah membangun lebih lanjut pada premis bahwa kreativitas merupakan bagian dari operasi fungsi mental di id; yaitu, individu menggunakannya untuk mencari kesenangan dan menghindari rasa sakit. " Ernst Kris (1952, dikutip oleh Arieti, 1976) mengatakan penggunaan proses-proses utama dalam kreativitas adalah "regresi dalam pelayanan ego.” Ia yakin proses tersebut terjadi di prasadar, area yang tidak sejenak dalam kesadaran tapi mudah diakses. L. Bellak (1958, dikutip oleh Taylor, 1988) lebih lanjut menjelaskan bahwa semua bentuk kreativitas adalah "variabel instrumental permanen dari kepribadian" di mana ego memungkinkan bahan prasadar dan sadar untuk muncul" Lawrence Kubie (1958, dikutip oleh Arieti, 1976) menambahkan bahwa distorsi neurotik dapat terjadi ketika pikiran sadar menghambat "proses [kreatif] dengan menggunakan fungsi simbolis yang kakuKubie mengatakan lebih lanjut, [alam bawah sadar bisa] "menghambat bahkan dengan pelabuhan lebih kaku dalam unreality."

Dua Freudians lain alamat sumber dan motif dari tindakan kreatif. Phyllis Greenacre (1957, dikutip oleh Samuel & Samuels, 1975) mengatakan bahwa masa depan seniman belajar untuk memisahkan dengan benda-benda nyata dan jatuh cinta dengan dunia secara keseluruhan. Hal ini terjadi melalui kesadaran indera tinggi sedini menyusui. Philip Weissman (1968, dikutip oleh Arieti, 1976) mengatakan kapasitas tersebut mungkin bayi belajar untuk "berhalusinasi payudara ibu independen kebutuhan oral"; kemudian dalam kehidupan abadi ini dilestarikan dan dipindahkan ke dalam bertindak kreatif.

Hubungan antara proses primer (khususnya seksualitas), dan kreativitas adalah penting. Bertentangan dengan niat psikoanalitik, itu sengaja menunjukkan ada energi (kreativitas biologis), yang bisa diubah ke dalam proses psikologis lebih tinggi ketika kepuasan utama mendesak dari id terhambat. Hal ini menunjukkan sebuah fenomena kreativitas, diskrit, yaitu sama operasi baik sebagai fungsi biologis dan psikologis. Carl Jung (1953, dikutip oleh Arieti, 1976) memperluas berfungsi kreatif dengan kreativitas artistik lebih lanjut membagi menjadi dua kategori, seni psikologis, dan seni visioner. Ini adalah seni psikologis yang tampaknya dihasilkan oleh proses primer. Dengan demikian, teori psikoanalitik terbaik tampaknya mampu menjelaskan seni psikologis dan bertindak kreatif di mana insentif tidak tindakan itu sendiri, melainkan bantuan dari rasa sakit, gelisah, atau ketegangan seksual. Menjelaskan kreativitas semata-mata sebagai disublimasikan energi seksual, dan rasa ingin tahu libidinal adalah, menurut pendapat saya, reduksionistik dan tidak dapat menafsirkan semua dimensinya. Freud sendiri menyimpulkan dalam bukunya yg berhubungan dgn riwayat hidup sendiri studi:

[Psikoanalisis] ... bisa berbuat apa-apa terhadap mengelusidasi sifat dari karunia artistik, juga tidak dapat menjelaskan sarana yang seniman bekerja; teknik artistik (1908, dikutip oleh Arieti, 1976).

Behavioristik

libidinal drive disublimasikan tidak menjelaskan semua dimensi kreativitas, namun, seksualitas dalam bentuk tertentu muncul dalam banyak penjelasan perilaku kreatif bahkan jika hanya dalam metafora. BF Skinner, seorang behavioris radikal, tidak menetapkan kreativitas untuk drive ini sadar, namun, kutipan dia konsisten digunakan untuk menegaskan kepalsuan dari pengalihan tersebut mengacu pada seksualitas ini terpenting dalam kehidupan." Dalam esai "Kuliah pada 'Memiliki' a Poem" Skinner (1972, dikutip oleh Perkins, 1988) mengutip Samuel Butler, "tulis penyair Sebuah puisi sebagai ayam betina meletakkan telur, dan keduanya merasa lebih baik setelahnya." Jadi, "The Behavioris" secara tidak langsung berhubungan kreativitas ke drive reproduksi.

JB Watson (1913, dikutip oleh Frager, Fadiman, 1984) dan lain-lain, mengembangkan psikologi Behavioristik awal abad ini sebagai tanggapan atas subjektivisme psikoanalitik. Premis dasar positivistik, tetapi mendalilkan bahwa hanya apa yang diamati sesuai untuk penelitian psikologi ilmiahKreativitas, pikiran, dan emosi adalah proses internal yang tidak teramati, karena itu, behaviorisme tidak dapat mengeksplorasi proses sendiri. Radikal psikologi perilaku sepenuhnya menolak konsep "agen berdiamnya" yang menciptakan, berpikir, atau merasa sebagai metafisika dan tanpa bukti. Oleh karena itu, studi behaviorisme membatasi kepada perilaku yang terkait dengan proses ini.

JB Watson percaya bahwa lingkungan sosial dikondisikan kepribadian dan perilakunya. Ia belajar pengkondisian responden yang terkait dengan berbagai rangsangan. Penyejuk dari lingkungan sosial yang kemudian disimpan dalam memori sadar selama hidup seseorang. diikuti dan merumuskan "Hukum Effect" yang mengatakan hadiah yang memperkuat tanggapan dan kegagalan untuk hadiah melemahkan mereka. Thorndike, dan kemudian BF Skinner, terus belajar bagaimana konsekuensi, misalnya, penghargaan atau kurangnya penghargaan, mempengaruhi perilaku dari waktu ke waktu. pengkondisian Operan dan kenangan tak sadar adalah unsur utama dalam penjelasan perilaku kreativitas.

Menurut BF Skinner, hasil kreativitas dari reshuffle bahan psikis yang sadar untuk individu dan dengan demikian hanya tampak spontan (Skinner, 1972c, dikutip oleh Frager, Fadiman, 1984).

Tindakan kreatif, dari sudut pandang perilaku, akan menjadi pola perilaku kognitif yang pertama kali diakses bahan pingsan dan kemudian disintesis dalam konteks stimulus langsung (masalah ) Kemudian operant conditioning terjadi sebagai reda ketegangan karena individu telah menemukan solusi sukses. Individu mungkin mengalami operant conditioning tambahan jika orang lain memuji produk kreatif. Dengan demikian sebagai merujuk Skinner dalam "Kuliah pada 'Memiliki' Poem" seniman telah belajar respon kreatif karena memiliki potensi untuk membuatnya merasa lebih baik.

Akun ini untuk beberapa tindakan yang kreatif, tetapi tidak memiliki besarnya untuk menjelaskan kreativitas yang meliputi informasi tidak mungkin bagi individu untuk memiliki sebelumnya dikenal Saya percaya behaviorisme gagal untuk menjelaskan karya-karya seperti Handel Mesias yang merupakan volume besar informasi yang dibuat dalam periode dua puluh empat jam. Tampaknya tidak masuk akal untuk mengasumsikan bahwa perilaku proses bisa mengakses dan bergabung kembali bahwa bahan sadar banyak begitu pesat dan dengan keanggunan tersebut. Behaviorisme juga tidak cukup menjelaskan tindakan seperti visi Einstein naik pada sinar cahaya yang menyebabkan teori relativitas, atau visi Kekulé tentang Uroboros yang terinspirasi model kimia tentang cincin benzena. Masing-masing mewakili manusia mencapai luar ruangan saat ini dan pengetahuan untuk mengubah takdirnya.

Behaviorisme adalah "hewan laboratorium" sangat baik tetapi di "dunia nyata" tidak dapat menjelaskan semua upaya-upaya kreatifKekuatan terbesar adalah bahwa percobaan yang tepat dan mengumpulkan data terukur. Namun, saya setuju dengan Silvano Arieti (, 1972 dikutip dalam Arieti, 1976) deskripsi kerja Skinners:

Orang-orang seperti BF Skinner telah ditandai manusia sebagai yang dibentuk, dikondisikan, dan diprogram oleh lingkungan di kaku, hampir cara tak terhindarkan. Skinner harus dihargai karena telah menunjukkan sejauh mana manusia dapat dipengaruhi dengan cara ini, tetapi ... kita harus menekankan kemampuan manusia untuk melarikan diri nasibnya. Kreativitas adalah salah satu cara utama di mana manusia membebaskan dirinya dari belenggu tidak hanya tanggapan AC, tapi juga pilihan biasa.

Humanistik

Perasaan saya adalah bahwa konsep kreativitas dan konsep orang, sehat aktualisasi diri, sepenuhnya manusia tampaknya akan datang lebih dekat dan lebih dekat bersama, dan mungkin bisa berubah menjadi hal yang sama. (Maslow, 1963) (Maslow, 1963)

Kutipan di atas menunjukkan harga dengan yang psikolog humanistik pemandangan alam manusia. Ada teori banyak individu di dalam lapangan tetapi kemampuan manusia untuk pertumbuhan merupakan pusat dalam semua merekaKreativitas adalah penting untuk pertumbuhan sebagai individu belajar, dan menyesuaikan dengan lingkungannya dan rasa dalam nilai. Seperti pernyataan Maslow menunjukkan, ini adalah bagian dari menjadi manusia yang sehat. Melihat sifat manusia sebagai, sadar diri diarahkan, proses aktualisasi diri, sehat membedakan psikologi humanistik dari psikologi psikoanalitik dan Behavioristik. Psikologi ini terakhir lihat manusia dan kreativitas dalam hal naluri dasar dan tanggapan AC masing-masing. Mereka melihat kreativitas sebagai cara kompensasi untuk wilayah dinyatakan kurang dalam kepribadian (Alfred Adler, 1956, dikutip oleh May,, 1975 & Frager, Fadiman, 1984). psikologi humanistik membawa keutuhan kepada manusia dan proses kreativitas. Abraham Maslow (1968) menggambarkan kreativitas dalam kehidupan klien sebagai berikut:

Saya belajar dari [mereka] ... bahwa sup tingkat pertama lebih kreatif dari sebuah lukisan kedua-rate, dan bahwa, pada umumnya, memasak atau orangtua atau membuat rumah bisa menjadi kreatif ketika puisi tidak perlu ...

Seorang pelopor dalam psikologi humanistik, Maslow menggambarkan kreativitas dalam tiga kategori: kreativitas primer, sekunder kreativitas, dan kreativitas yang terintegrasi. Kategori pertama menggambarkan kreativitas yang hasil dari proses primer, seperti halnya teori psikoanalitik, tetapi Maslow termasuk proses kognitif dan konatif selain drive Dionisia dari id. Dia memisahkan proses primer dari "impuls dilarang" percaya yang pertama menjadi jauh lebih berbahaya. Maslow "menebus" sifat dasar manusia percaya kreativitas yang memungkinkan kita untuk menghindari nasib kita seperti Arieti (1976).

hasil kreativitas sekunder dari penggunaan proses berpikir yang lebih tinggi; itu ApoloniaIa mengambil alih proses kreatif dari kreativitas primer dan menambahkan untuk itu analisis, disiplin dan kerja keras. Pernyataan sering dikutip "Genus adalah satu persen inspirasi dan sembilan puluh sembilan persen keringat" tampaknya deskriptif kreativitas sekunder. Secondary creativity dominates during the verification stage (Wallas, 1926, cited by Koestler, 64, Harman & Rheingold, 84, & Dacey,89); kreativitas sekunder mendominasi selama tahap verifikasi (Wallas, 1926, dikutip oleh Koestler,, 64 Harman & Rheingold, 84, & Dacey, 89); mungkin juga proses utama selama tahap persiapan tetapi dalam bentuk yang kurang halus.

Kategori terakhir Maslow adalah kreativitas terintegrasi. Kategori ini sekering kreativitas primer dan sekunder: itu adalah sumber dari karya-karya besar seni, filsafat, dan penemuan ilmiah. Integrasi kreatif juga karakteristik kehidupan diri-diaktualisasikan, manusia sehat. Terpadu kreativitas dalam seni muncul untuk mendiami wilayah yang sama Carl Jung digambarkan sebagai "seni visioner."

Seperti disebutkan sebelumnya, Jung (dikutip oleh Mei, 1975) membagi kreativitas seni menjadi dua kategori; seni psikologis (sudah dibahas), dan seni yang visioner, "keberadaannya berasal dari daerah pedalaman dari pikiran manusia." Kategori kedua menghubungkan kita dengan dunia super-manusia dan abadi di luar sadar kita tahu. Ketika seorang seniman, di bidang apapun, pendekatan kategori ini, ia menjadi pramuka untuk seluruh umat manusia. Dia melampaui nasib pribadinya, dan mulai untuk berbicara dengan, dan untuk manusia. Jawabannya adalah "disalurkan" melalui individu reseptif dalam menanggapi kebutuhan seluruh ras. Sebagai saluran visi yang lebih besar, Marshal McLuhan, menggambarkan orang-orang kreatif sebagai "garis embun" untuk masyarakat luas yang menangkap dan mengungkapkan makna spiritual dari budaya (Mei, 1975). Kolektif bawah sadar yang digambarkan oleh Jung mengikat jiwa manusia bersama-sama; kreativitas sehingga mencakup ekspresi kebutuhan perlombaan, tidak semata-mata individu. Kreativitas dalam penggambaran ini menjadi sebuah fungsi dari "seluruh" umat manusia: ". Keseluruhan" individu kreatif, proses kreatif, dan bentuk kreasi gestalt dalam konteks ini lebih besar

G Gestalt psikologi berkaitan dengan persepsi "keutuhanIni didirikan sebagai sebuah sekolah terpisah pemikiran di Jerman awal abad ini. Saya memberikan pembahasan singkat di sini karena lebih asosiasi baru dengan psikologi humanistik. Max Wertheimer (1945, dikutip oleh Arieti, 1976) melihat semua kreativitas dari perspektif Gestalt. He says that the process moves from one unstable or unsatisfactory situation (S1) to one of greater stability and thereby forms a new gestalt (S2) which includes the resolution of tension. Dia mengatakan bahwa proses bergerak dari satu situasi yang tidak stabil atau tidak memuaskan (S1) ke salah satu stabilitas yang lebih besar dan dengan demikian membentuk gestalt baru (S2) yang meliputi resolusi ketegangan. Wertheimer percaya bahwa membagi keutuhan menjadi bagian-bagian tanpa kehilangan jejak totalitas asli merupakan aspek penting dari berpikir kreatif. Wertheimer juga mengatakan bahwa dalam tindakan kreatif individu merasakan beberapa fitur dari S2 akhir dari awal proses; fitur ini adalah sarana melalui mana individu recaptures situasi akhir. Sayangnya, teori Wertheimer itu tidak menjelaskan bagaimana restrukturisasi S1 S2 benar-benar terjadi. Pentingnya teori adalah penekanan pada proses secara keseluruhan daripada sebagai urutan linier. Untuk Wertheimer proses kreativitas adalah "satu baris konsisten berpikir ... [yang dicari] sifat mereka [unsur] saling ketergantungan intrinsik."

Wertheimer, dan model lainnya ditinjau sejauh ini, gagal cengkeraman sumber proses. Mereka umumnya laporan komponen dari proses setelah itu terjadi, sifat produk, atau karakteristik individu yang kreatif. Dari mana solusi baru datang? Bagaimana sesuatu yang dibawa menjadi ada di mana tidak ada sebelumnya? Kami jelas tidak nyaman dengan penjelasan yang menunjukkan bahwa sesuatu "hanya terjadi," namun semua pertanyaan ini meninggalkan kita dengan pertanyaan-pertanyaan dan ada jawaban yang jelas dipotong. Ketika kita mencoba untuk menjelaskan kreativitas itu sendiri kita mengalami salah satu atribut yang paling mengatakan, pertemuan tak terlukiskan.

Kemampuan untuk menghadapi hidup sepenuhnya dan terlibat dengan bagian itu yang hanya di luar indera kita adalah karakteristik utama dari tindakan kreatif, dan individu, menurut Rollo May (1975). May suggests: Mei menyarankan:

Untuk kesadaran yang memperoleh dalam kreativitas bukan tingkat dangkal intelektualisasi objektifikasi, tapi dan bertemu dengan dunia pada tingkat yang memotong pemisahan subyek-obyek"Kreativitas, ... adalah perjumpaan manusia yang sadar secara intensif dengan dunia nya."

Kutipan di atas menggambarkan perjumpaan intensitas sedemikian rupa sehingga polaritas dunia sekitar adalah diabaikan. Maslow ini paralel (1963) yang mengatakan bahwa selama pertemuan kreatif individu lupa diriDengan demikian, menjadi benar-benar "hilang dalam, sekarang" individu menyatu dengan dihadapi dan pemecahan subyek-obyek menghilang. Mei metaforis berpendapat bahwa individu yang kreatif "tahu" subyek dalam "rasa Alkitabiah", yakni, penyajian kesamaan antara tindakan kreatif dan seksual. SexualitySeksualitas, dan penyatuan berlawanan muncul dalam banyak teori kreativitas sejauh ini dibahas. Namun, korelasi May kreativitas dan seksualitas terutama berbeda dari teori psikoanalitik. Freud melihat kreativitas sebagai sublimasi seksual, dan drive lainnya primitif,. Mei menggunakan referensi untuk seksualitas sebagai sebuah proses, sehat menarik. Kreativitas, seperti seksualitas, adalah bagian dari pertemuan penuh dengan kehidupan: itu adalah "tarian" yang menyatukan yang bertentangan.

Menyatukan pasang lawan adalah premis teoretis Arthur Koestler (1964) teori kreativitasSeorang penulis, Koestler tidak mewakili sekolah psikologis tertentu pemikiran tetapi telah melakukan banyak penelitian di bidang kreativitas. Koestler premis tentang proses kreatif adalah "bisociationBisociation, sebuah istilah Koestler telah diciptakan, berarti untuk bergabung dengan informasi terkait, sering konfliktual, dengan cara baru. Koestler mengatakan sedang "double berpikiran" atau mampu berpikir pada lebih dari satu bidang pemikiran secara bersamaan. Frank Barron (1988) juga mengatakan kemampuan untuk mentolerir kekacauan atau informasi yang tampaknya berlawanan karakteristik individu yang kreatif. Dalam setiap teori ini, sebagai Mei menjelaskan, resolusi datang melalui pertemuan intens ketika sebagai Maslow menegaskan, orang tersebut adalah, "benar-benar hilang di masa sekarang."

pertemuan yang intens, "kehilangan di masa sekarang," menunjukkan fenomena lain yang menyertai proses kreatif, keadaan kesadaran yang berubah psikologi transpersonal berfokus pada aspirasi yang lebih tinggi dari pertumbuhan manusia dan negara-negara berkembang kesadaran. Stanislav Grof (1988), seorang ahli teori transpersonal dan psikiater, tercatat empat kategori kreativitas yang ia rasakan berasal dari sumber transpersonal dalam karyanya dengan negara-negara kesadaran yang berubah.

Kategori pertama berkaitan dengan masalah yang individu telah berjuang dengan selama bertahun-tahun tanpa menemukan solusi. Kategori ini berisi empat Wallas's tahapan, dan dibawa ke resolusi oleh tiba-tiba streaming pencahayaan saat negara "non-biasa". teladan-Nya juga penemuan Kekulé dari cincin benzena dalam mimpi yang disebutkan sebelumnya dalam makalah ini.

Sebuah kategori kedua, melibatkan transmisi ide-ide besar atau sistem pemikiran yang melampaui keadaan seni di lapangan yang mereka berhubungan. Sebuah contoh dari hal ini adalah konsep distribusi informasi tentang alam semesta yang ditemukan dalam teori Jainist kuno jivas yang menyerupai holonomic muncul teori-teori fisika. Contoh lain adalah sistem cosmogenetic kuno yang mengatakan bahwa cahaya adalah prinsip kreatif dari alam semesta, teori sekarang sedang dieksplorasi oleh penelitian peran foton dalam partikel sub-atomik.

Kategori ketiga berisi pertemuan kreatif yang memberikan produk yang hampir lengkap siap untuk implementasi oleh masyarakat. Kisah mitologi Prometheus membawa api ke bumi adalah contoh contoh modern, karya Nikola Tesla yang melihat penemuan sebagai prototipe selesai bekerja; Einstein naik pada berkas cahaya dalam imajinasinya dan dengan demikian pemahaman teori relativitas (yang telah disebutkan sebelumnya), dan Mozart yang mendengar komposisi bentuk akhir, semua pada ons, di dalam kepalanya.

Grof postulat satu pengalaman kreatif yang terakhir agak berbeda dari yang baru saja disebut, itu adalah perjumpaan dengan Sang Pencipta. Pengalaman ini bisa mengubah baik bagi individu dan masyarakat. Contohnya adalah Musa menerima Sepuluh Perintah Allah atau visi Muhamad yang didirikan Islam. Pada contoh ini, kreativitas berkembang spiritualitas dalam umat manusia.

Teori-teori banyak dari kreativitas mencakup berbagai pengalaman manusia dari alam bawah sadar drive paling primitif untuk menghubungi dengan ilahi. Bila dilihat secara independen, setiap teori relatif konsisten untuk bidang tertentu pengalaman manusia namun, banyak dari teori bentrokan secara dramatis ketika dibandingkan dengan satu sama lain. Vaune Ainsworth-Land (1982) telah memeriksa pencitraan dan kreatif proses dan menggambarkan empat "perintah" dari proses dan produknya. Saya akan menggunakan "perintah" untuk berhubungan teori kreativitas yang dibahas dalam esai ini dan dengan demikian sebagian membatasi jenis, atau tipe, dari tindakan kreatif yang paling menggambarkan setiap teori.

kreativitas orde pertama beroperasi di luar kebutuhan. Daerah ini kreativitas terjadi dalam proses pembelajaran seorang anak. Perintah ini juga dapat terlibat ketika ada kebutuhan mendesak segera seperti ancaman bagi kelangsungan hidup. Wilayah ini tampaknya berkorelasi dengan teori psikoanalitik dan pengembangan kreativitas seperti yang digambarkan oleh hubungan-hubungan objek (Mahler, Pine, dan Bergman, 1975). Hal ini juga berkaitan dengan pengkondisian responden dalam hal itu terjadi secara spontan dalam menanggapi kebutuhan mendesak. Dalam rangka ini tidak ada kesadaran diri, atau ego, bertindak hanya spontan didorong oleh kebutuhan mendasar.

Agar kreativitas Kedua melibatkan proses analitik. Individu adalah sadar diri dan sadar terlibat dalam proyek di tanganProses ini berfokus pada peningkatan, perluasan dan evaluasi. kreativitas sekunder Maslow cocok kategori ini kawasan ini juga berhubungan dengan fungsi-fungsi ego yang lebih tinggi digambarkan oleh psikoanalisis. Hal ini berkorelasi dengan tindakan kreatif yang behaviorisme panggilan respon operan, yaitu, individu menyadari respon mereka dan imbalan untuk itu.

Ini berkaitan dengan mensintesis dan inovasi. Produk yang dibuat adalah sebanyak "baru lama" (Ainsworth-Land, 1982). Dalam urutan ini individu membuka untuk memproses dan memberikan kendali dan mulai diri-integrasi. Hal ini tampaknya menjadi awal dari kreativitas terintegrasi Maslow dan alam Koestler's "bisociation."

Urutan keempat adalah, sebagai Ainsworth-Land menjelaskan itu, "bentuk akhir dari keterkaitan." Ini adalah urutan keempat pertemuan Grof's terjadi. Diri telah bergabung dengan realitas yang lebih besar dan mencapai suatu kesadaran berubahDalam rangka ini mencapai individu "kesadaran kosmis" (Bucke, 1906, dikutip oleh Ainsworth-Land, 1982) dan ketertiban beholds dalam kekacauan tanpa konflik.

Secara ringkas, jelas bahwa berbagai cabang psikologi memiliki pandangan yang berbeda dari pengalaman manusia yang mempengaruhi teori-teori mereka tentang kreativitas. Hal ini juga jelas ada benang umum dalam banyak teori. Semua psikologi melihat kreativitas sebagai perjumpaan dengan, dan penggabungan informasi yang berbeda tetapi tidak setuju mengenai sumber informasi itu dan melalui prosedur yang diproses. Kebanyakan teori kreativitas, dengan pengecualian yang Behavioristik, melihat kreativitas sebagai proses melalui mana individu menemukan hubungan dengan lingkungan. Untuk psikoanalisis ini adalah fungsi neurotik, karena psikologi humanistik adalah tanda kesehatan. Dengan perbedaan lebar-satunya kesimpulan yang tampaknya jelas adalah bahwa substansi dan sumber kreativitas masih menghindari penemuan. Kami dapat melihat efek kreativitas itu, merasa inspirasi, dan menggunakannya dalam berbagai cara. Seolah-olah berdiri di ruang cermin, kita merenungkan kembali kreativitas pada dirinya sendiri dan berspekulasi atas sifatnya tidak pernah mengetahui gambar yang nyata dan yang refleksi. Di mana-mana mencerminkan kreativitas sendiri tanpa mengungkapkan sifat sebenarnya. Setiap refleksi yang berbeda dalam lingkungan sendiri belum isomorfik yang lain. Kami "menciptakan" metafora yang menggambarkan, dan teori-teori untuk menjelaskan tindakan dimana metafora dan teori-teori itu sendiri dibawa ke sedang. Terlibat penuh kita mencari batu Rosetta lincah yang mengungkapkan bahasa yang umum dari banyak bentuk. Kreativitas mungkin langkah-anak psikologi tapi kami terpikat oleh itu dan, sebagai upaya kita untuk menjalin hubungan dengan itu kita tetap "hilang di masa sekarang" dan kalah di hadapan suatu kekuatan yang tampaknya omniparous.

Sumber:

http://www.vantagequest.org/trees/comparative.htm

http://translate.google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar